Desain Gazebo Menyatu dengan Alam



Kepenatan sehari-hari tak hanya bisa dihilangkan dengan pergi ke tempat rekreasi saja, alternatif menghilangkan kepenatan bisa juga disandingkan dengan tempat-tempat yang menyatu dengan alam. Hal itu bisa dihadirkan dengan mendesain lingkungan rumah yang ramah menyapa alam, Seperti taman, kolam dengan gemericik airnya, batu, udara, maupun binatang peliharaan, apalagi di gazebo bisa menjadi tempat bersantai di luar rumah yang menyenangkan.

Nah,,,yang kaya ginian nih,,,sangat enak sekali digunakan sebagai tempat bercengkrama dengan keluarga ataupun saat-saat bersantai menikmati hari dengan desain Gazebo yang menyatu dengan alam.
"Di dalam gazebo yang dibuat menyatu dengan alam serta menggunakan bahan dari alam, Anda bisa berkumpul dan melakukan kegiatan bersama keluarga ditemani elemen penyejuk, seperti tanaman, kolam dengan gemericik airnya, batu, udara, maupun binatang peliharaan. Dengan elemen penunjang tersebut, gazebo menjadi tempat bersantai di luar rumah yang sangat menyenangkan. Bisa jadi gazebo akan menjadi tempat favorit Anda.


Seperti halnya di rumah weekend maestro hairdresser Indonesia Rudy Hadisuwarno di kawasan Puncak, Jawa Barat. Gazebo yang ditempatkan di samping kolam renangnya itu berdampingan dengan bale-bale bermaterial kayu ukir yang dialasi bantal-bantal bersarung putih. Gazebo milik Rudy berkonsep country dengan struktur material dari kayu serta atap yang dilapisi tanaman rambat berbunga menambah kesan alami dan harmonis pada huniannya yang bernuansa Indonesia.

”Memang saya ingin menghadirkannya seperti itu sehingga suasana di hunian ini lebih sejuk, teduh, dan Indonesia sekali,” kata Rudy, beberapa waktu lalu.

Bangunan gazebo umumnya ada yang dibuat permanen, semipermanen, atau nonpermanen dengan berbagai material dan finishing yang berbeda. ”Sebaiknya buat yang semipermanen supaya bisa dipindah-pindah dan tidak terbuang,” kata arsitek lanskap Bagus Tatang Dewantoro.

Bentuk dan gaya gazebo juga beraneka ragam. Ada yang disesuaikan dengan konsep arsitektur hunian atau mengabaikan pakem tersebut dan lebih memilih menghadirkannya karena tuntutan selera penghuni.

”Hal itu bisa saja. Namun, harus ada perpindahan nuansa dari satu konsep ke konsep rumah. Masih ada hubunganlah. Jika ingin memberikan kesan harmonisasi secara keseluruhan dalam hunian, maka antara konsep arsitektur gazebo dan arsitektur rumah harus sama,” tuturnya.

Mengenai penempatannya, Bagus mengatakan, gazebo bisa diletakkan di tengah taman atau halaman rumah bagian depan atau belakang. Namun, untuk permukiman di perkotaan, gazebo sebaiknya diletakkan di halaman belakang karena merupakan service area yang masih ada privasinya. Penempatannya pun bisa di samping kolam dengan menghadirkan tanaman rambat atau tanaman bunga yang indah untuk menciptakan kesan hijau alami dan sejuk. Namun, jika tidak ada kolam, kehadiran tanaman pun cukup manis untuk menambah kecantikan tampilan gazebo.

Bagus menambahkan, di tengah isu pemanasan global yang melanda dunia dan negeri ini, material gazebo sebaiknya dipilih yang berasal dari alam. ”Kurangi penggunaan material dari besi dan plastik. Penggunaan batu alam juga bisa dengan desain yang disesuaikan,” katanya.

Hal lain yang perlu dihadirkan dalam gazebo adalah kursi dan meja dari kayu serta tempat sampah. Mengenai pencahayaan, Bagus menyarankan, pencahayaan dalam service area yang berfungsi sebagai tempat santai itu adalah cahaya remang-remang". lifestyle.okezone.
Mungkin dengan ini bisa dijadikan referensi untuk membuat desain gazebo yang menyatu dengan alam, dan juga bisa menghilangkan kepenatan dengan blogging kek blog asyik ginian,,,




Share your views...

0 Respones to "Desain Gazebo Menyatu dengan Alam"

Posting Komentar

 

About Me

© 2010 Asyik Nge-Blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info